Wednesday, April 30, 2014

Rinitis Alergi Pada Anak dan Tips Mengatasinya

Rinitis alergi anak sering terjadi pada mereka yang memiliki riwayat alergi pada keluarganya. Gejala rinitis alergi yang paling umum terjadi yaitu sering bersin-bersin terus, hidung mengeluarkan ingus/lendir, hidung mampet, hidung serta mata terasa gatal, dan telinga serta tenggorokan juga bisa terlibat dalam beberapa kasus.

Rinitis alergi adalah peradangan selaput lendir (mukosa) hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi tubuh terhadap zat-zat tertentu yang bersifat alergen. Berbeda dengan flu, rinitis alergi bukan disebabkan oleh virus, melainkan timbul sebagai reaksi tubuh terhadap zat tertentu (allergen) dari luar tubuh, misalnya karena alergi terhadap serbuk sari tanaman, spora jamur, debu rumah atau tungau (sejenis kutu yang sangat kecil yang bisa hinggap pada kulit).

Untuk memastikan alerginya terhadap apa, maka bisa dilakukan tes alertgi dulu di Rumah Sakit yang terdapat alat tes-nya. Cara mengobati rinitis alergi paling mudah adalah dengan cara menghindari alergen pemicunya. Berikut ini tips-tips nya.

Tips agar anak tidak mudah terkena rhinitis alergi:
  1. Gunakan vakum cleaner untuk membersihkan serta menyedot debu dan segala macam kemungkinan pemicu alergi lainnya. Vakum pada tempat tidur, sprei, dan juga pada sofa.
  2. Cuci sprei kasur dan sarung bantal setiap minggu menggunakan air hangat atau air panas agar tungau pemicu alergi bisa mati.
  3. Jemur pakaian di tempat yang udaranya bersih dan terhindar dari debu serta polusi udara.
  4. Cuci tangan dan mandi setiap hari.

Itulah beberapa tips untuk terhindar dari pemicu rinitis alergi.

Anak saya juga penderita rinitis, namun bukan rinitis alergi melainkan menderita rinitis vasomotor. Gejala rinitis vasomotor hampir mirip seperti gejala rinitis alergi, namun pemicunya berbeda. Ciri-ciri anak yang menderita rinitis vasomotor yaitu anak sering bersin-bersin terus hingga berkali-kali, bersin-bersin di pagi hari, bersin-bersin saat bangun tidur, atau bersin-bersin pada saat habis mandi.

Untuk mengetahui secara detail mengenai cara mengatasi rinitis, saya rekomendasikan Anda untuk membaca ebook mengatasi bersin yang bisa Anda peroleh dengan mudah di situs-nya www.mengatasibersin.com. Dulu setelah anak saya mengikuti panduan dalam ebook tersebut secara teratur, lama kelamaan anak saya jadi tidak suka bersin-bersin lagi dan terbebas dari gejala penyakit rinitis.

2 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya, kebetulan anak saya juga menderita rinitis alergi dan suka bersin-bersin terus kalo terkena alergen tertentu.

    ReplyDelete
  2. Anak saya sering bersin-bersin juga dan udah cukup lama, kira-kira apa masih bisa sembuh ya..

    ReplyDelete

Recent Comments

Bersin-bersin