Thursday, May 1, 2014

Rhinitis Alergi: Definisi, Gejala, dan Pengobatannya

Pengertian Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi adalah suatu kondisi peradangan pada hidung yang disertai dengan beberapa gejala. Gejala biasanya timbul ketika seseorang menghirup sesuatu yang menyebabkan dirinya mengalami reaksi alergi. Pemicu alerginya bermacam-macam, bisa dari debu, bulu binatang (misalnya bulu burung atau bulu kucing), serbuk sari bunga/tanaman, spora jamur, dll. Gejala rhinitis alergi juga bisa muncul ketika seseorang memakan sesuatu yang membuatnya alergi.


Penyebab Rhinitis Alergi


Ketika seseorang yang memiliki alergi dan menghirup substansi pemicu alergi (Alergen) tersebut, maka tubuhnya akan menghasilkan senyawa kimia yang disebut histamin yang menyebabkan reaksi alergi seperti bersin-bersin terus.

Rhinitis alergi umumnya beresiko/berpeluang terjadi pada orang-orang yang memiliki riwayat alergi, karena biasanya penyakit ini bisa menurun ke generasi berikutnya.


Gejala Rhinitis Alergi

Berikut ini beberapa gejala rhinitis alergi yang umum ditemui:
  • Gatal pada hidung, tenggorokan, mata dan bisa juga pada daerah sekitrnya.
  • Hidung meler mengeluarkan ingus
  • Bersin-bersin
  • Mata berair

Gejala lain yang mungkin terjadi setelahnya:
  • Hidung tersumbat
  • Batuk
  • Penciuman jadi berkurang/terganggu
  • Sakit tenggorokan
  • Letih

Mendiagnosa Rhinitis Alergi


Dalam mendiagnosa alergi, biasanya para dokter akan mengecek kondisi fisik pasien, dan menanyakan beberapa hal seperti riwayat alergi, apakah memiliki penyakit asma, apakah alergi pada material-material tertentu yang bersifat alergen.

Selain itu, dokterjuga  mungkin akan menyarankan atau melakukan tes alergi pada kulit pasien, untuk memastikan alerginya terhadap apa saja pasien tersebut. Tes alergi lainnya yang mungkin dilakukan yaitu melalui tes darah.


Pengobatan Rhinitis Alergi


Salah satu cara terbaik agar terhindat dari gejala rhinitis alergi adalah dengan cara menghindari pemicunya. Mungkin cukup sulit untuk menghindari semua alergen pemicu rhinitis alergi, namun hal tersebut bisa di minimalisir sekecil mungkin.

Dokter mungkin akan menyarankan beberapa obat untuk mengatasi rhinitis alergi sesuai dengan kondisi gejalanya, apakah gejalanya ringan atau parah.

Untuk gejala rhinitis alergi yang ringan, Anda bisa membasuh lubang hidung dengan menggunakan larutan garam (saline nasal), larutan tersebut bisa dibeli di Apotek, atau Anda buat sendiri dengan komposisi campuran dari setengah sendok teh garam dan sedikit baking soda.

Obat-Obat Yang Sering Digunakan Untuk Mengobati Rhinitis Alergi:

Antihistamines
Obat-obatan antihistamin cukup efektif dalam mengobati gejala rhinitis alergi. Obat ini ada yang dalam bentuk tablet/kapsul dan ada juga yang dalam bentuk obat semprot hidung. Obat antihistamin biasanya mengandung efek samping membuat kantuk dan membuat mulut kering.

Corticosteroid
Obat semprot hidung yang mengandung corticosteroid adalah salah satu obat yang paling efektif dalam mengatasi rhinitis alergi. Terdapat banyak merek dan biasanya harus disertai dengan resep dokter. Pada umumnya obat ini cukup aman baik bagi anak-anak atau bagi orang dewasa.

Decongestant
Obat-obatan Decongestant cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat.

Pengobatan lainnya yang mungkin di rekomendasikan yaitu "Allergy Shot". Alergi shot atau sering disebut Imunoterapi adalah pengobatan dengan cara pemberian alergen kedalam tubuh dengan tujuan agar tidak sensitif lagi terhadap suatu alergen penyebab alergi. Pengobatan ini bisa berlangsung lama hingga bertahun-tahun dengan dosis yang bertahap.

Tindakan Pencegahan

Hindari diri dari segalam macam pemicu yang membuat alergi. Bersihkan ruangan dan pakaian secara berkala. Jika dengan obat-obatan Anda tidak mengalami perubahan, konsultasikan ke Dokter ahli.


Selain rhinitis alergi ada juga jenis rhinitis lainnya yang disebut rhinitis vasomotor. Rhinitis vasomotor ini merupakan jenis Non-Allergic Rhinitis yang mana gejalanya tidak disebabkan oleh alergi. Meskipun pemicunya berbeda dengan rhinitis alergi, namun gejalanya mirip, yaitu sering bersin-bersin, hidung meler, hidung tersumbat, dan sering dipicu oleh papara suhu dingin dan perubahan temperatur udara di lingkungan.

Jika Anda ingin lebih tahu lebih jauh mengenai cara mengatasi gejala bersin-bersin karena rhinitis alergi ataupun rhinitis vasomotor, saya sarankan Anda membaca ebook mengatasi bersin yang ada di www.mengatasibersin.com, di dalamnya terdapat panduan lengkap step by step cara mengobati gejala sering bersin-bersin akibat gejala rhinitis secara alami, cepat, mudah dan tanpa obat-obatan.

3 comments:

  1. Thanks, nanti akan saya coba panduannya, semoga saya bisa sembuh.

    ReplyDelete
  2. Obat-obatan dari dokter atau dari apotek memang tidak bisa mengobati rhinitis secara total, hanya membantu meringankan gejala saja.
    Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasinnya, sangat bagus dan bermanfaat.

    ReplyDelete

Recent Comments

Bersin-bersin